Ini Dia! Ukuran ID Card untuk Identitas Karyawan

Ukuran ID Card - Kartu identifikasi, atau yang sering disebut ID card, adalah komponen penting dalam pengenal bagi karyawan di kantor, panitia acara, peserta acara, dan sebagainya. 

Biasanya, cetak ID card berisi informasi seperti nomor, nama, gambar, serta jabatan atau tugas pemiliknya. Selain itu, ID card juga berfungsi sebagai kartu identitas untuk pelajar, mahasiswa, karyawan, bahkan individu yang tidak memiliki keanggotaan dalam organisasi tertentu.

Pembuatan ID card harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan berbagai komponen penting. Salah satunya adalah ukuran ID card, yang perlu disesuaikan dengan ukuran card holder yang tersedia di pasaran. Card holder adalah tempat untuk meletakkan ID card, yang akan memudahkan pengguna saat menggunakannya.

Mari kita simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini!


Ukuran ID Card


Standar Ukuran ID Card Karyawan Perusahaan

Penggunaan kartu identitas oleh karyawan akan mempermudah interaksi di tempat kerja. Secara nasional, ukuran ID card mengacu pada standar ISO, yaitu 8,56 cm x 5,4 cm atau 85,60 mm x 53,98 mm. Ukuran ini tidak jauh berbeda dari ukuran ID card yang umum digunakan dalam perusahaan, seperti:

  1. Ukuran B1 = 8,5 x 5,5 cm
  2. Ukuran B2 = 10,5 x 7 cm
  3. Ukuran B3 = 10,5 x 8,5 cm
  4. Ukuran B4 = 13,5 x 9,5 cm
  5. Ukuran B5 = 17,6 x 25 cm
  6. Ukuran B6 = 12,5 x 176 cm

Ukuran-ukuran tersebut adalah standar yang biasa digunakan untuk card holder. Anda dapat memilih ukuran yang sesuai dengan preferensi minimalis Anda. Sebagai referensi, ukuran ID card B1 mirip dengan ukuran KTP dan biasanya digunakan secara vertikal. 

Ukuran ini umum digunakan untuk ID card karyawan karena memiliki tinggi yang lebih besar dari lebar. Untuk perbandingan, berikut perbedaan ukuran ID card standar:

  1. Ukuran ID card KTP: 8,56 x 5,4 cm
  2. Ukuran ID card pribadi: 9 x 5,5 cm dan 8 x 5,3 cm
  3. Ukuran ID card panitia: 9,5 x 11,9 cm, 9,7 x 13,7 cm, atau 8,5 x 11,9 cm
  4. Ukuran ID card karyawan: 10,2 x 6,5 cm atau 12,5 x 7,9 cm
  5. Ukuran kartu SIM: 85,60 x 53,98 mm
  6. Ukuran ID Card Standar Internasional

ukuran id card

Ukuran ID card untuk karyawan perusahaan di Indonesia juga berbeda dari ukuran ID card standar internasional. Standar internasional ini telah diatur oleh International Organization for Standardization (ISO), sebuah badan yang mengatur standar internasional, termasuk standar ID card.

Ukuran ID card pertama adalah ukuran 000, yang mirip dengan ukuran CR80. Ukuran ini sangat kecil dibandingkan dengan standar ISO, yaitu 15 mm x 25 mm atau setara dengan 1,5 cm x 2,5 cm.

Demikianlah berbagai ukuran ID card yang dapat menjadi referensi Anda dalam pembuatan kartu identitas untuk karyawan perusahaan. Lama waktu cetak id card juga bervairasi, tergantung tempatnya.

Jika kamu membutuhkan tempat untuk membuat id card dengan beragam bahan, silahkan kunjungi percetakan murah online dari Lautan Display. Kamu bisa cetak id card bahan pvc atau biasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ide Poster Ramadhan & Ucapan Lebaran untuk Orang Terdekat

Spesifikasi Komponen Roll Banner Lengkap

7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya