PERBEDAAN BAWANG GORENG BREBES DAN SUMENEP

 


Suka bingung gak sih kalau lihat di pabrik bawang goreng kok bisa yah warnanya emas kecoklatan, terus kok bisa juga yah pada renyah? Nah pertanyaan tersebut tentu ada berbagai alasan yang bisa jawab kedua hal tadi nih. Bisa jadi bawang yang kamu gunakan untuk memasak bawang goreng rumahan warnanya lebih kecoklatan dan kurang kriuk. Perbedaan tersebut bisa terjadi karena di Indonesia sendiri memiliki 2 jenis bawang merah yang terkenal dipasaran.

Dimana perbedaan jenis tersebut akan mempengaruhi rasa dan hasilnya. Nah, untuk jenisnya sendiri terdapat Bawang Merah Brebes dan Bawang Goreng Sumenep. Berikut perbedaannya:

1.      1. Bawang Merah Brebes

Jenis bawang ini sangat umum kita jumpai dipasaran, aromanya yang lebih kuat dibandingkan bawang sumenep, menjadikan bawang tersebut primadona dikalangan ibu rumah tangga. Namun, dari segi penampilan jika bawang ini dijadikan bawang goreng maka hasilnya akan lebih kecoklatan dan kerenyahannya sendiri tidak terlalu tahan lama, kecuali diberi campuran tepung dan disimpan dengan rapat kedalam toples kedap udara. Tetapi, jika dari segi rasa menurutku justru Bawang Merah Brebes ini baik saat dijadikan bumbu masakan ataupun bawang goreng, justru memiliki rasa yang lebih enak alias gurih dibandingkan Bawang Merah Sumenep. So, cocok banget nih kalau jenis bawang merah ini dijadikan sebagai bumbu penambah cita rasa masakan dan bawang goreng khusus rumahan yah bukan kearah pendamping makan untuk bisnis kulinermu.

2.      2. Bawang Merah Sumenep

Berbeda dengan jenis Bawang Merah Brebes, penampilan luar saat Bawang Goreng Sumenep ini disajikan, warnanya lebih menggugah yakni memiliki warna yang kekuning-kuningan. Selain itu, jenis bawang ini memiliki kerenyahan yang lebih awet dibandingkan dengan Bawang Goreng Brebes. Sehingga cocok banget loh untuk para pelaku usaha kuliner. Akan tetapi, memang dari segi rasanya agak lebih pahit dan tidak segurih Bawang Goreng Sumenep.

Nah, dari perbedaan kedua jenis bawang tersebut. Tentunya dikembalikan lagi kepada selera dan kebutuhan masing-masing yah! Karena bagi aku baik belum tentu bagi kamu juga begitu. Tapi, jika berbicara perihal tingkat kerenyahan, sebenarnya hal tersebut bisa kamu akali dengan adanya penambahan tepung agar lebih crispy dan tahan lama. Sedangkan masalah rasa, itu juga bisa kamu akali dengan adanya campuran penyedap rasa atau bubuk balado dan mix teri saat proses penirisan bawang goreng di nampan, yang bisa langsung kamu aduk rata sebelum akhirnya dimasukkan kedalam toples kedap suara.

Namun itu juga perlu kamu note ketika proses penambahan tepung serta bumbu lainnya, alangkah lebih baiknya dilakukan saat bawang goreng masih dalam kondisi panas tetapi minyak sudah berangsur turun dan tidak terlalu banyak yang menempel di bawang goreng, karena proses pendinginannya bisa terjadi setelah adanya penambahan tepung dsbnya tadi.

Selain solusi dan informasi di atas yang semoga bermanfaat bagi kamu. Disini aku juga memiliki beberapa solusi instan buat kamu yang mau mengkonsumsi Bawang Goreng Sumenep dan Brebes tapi tidak memiliki banyak waktu untuk memasaknya. Yakni dengan membeli produk dari Produsen Bawang Goreng Murah dari Nion Nion. Dimana melalui Nion Nion kamu sudah tidak perlu ragu dengan kredibilitasnya, sebab bawang goreng yang dijajakan sudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan khususnya are JABODETABEK sejak tahun 2016. Yang mana karena kepercayaan tersebut, kini Produsen BawangGoreng Murah dari Nion Nion sudah memasarkan produknya lebih luas lagi hingga ke seluruh Indonesia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengedit Foto Polaroid Dengan Aplikasi dan Situs Web Edit Foto

7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya

0812–8904–2433, Lautan Display, Supplier Stand Banner Banjarmasin