Cara Membuat Pangsit Kuah Halal Ala Drama China

 

LSCORP - Pangsit merupakan salah satu menu masakan yang berasal dari negeri tirai bambu yang kini bisa dinikmati hampir diberbagai belahan dunia, salah satunya Indonesia. 

Dalam serial kolosal china, masakan pangsit biasanya disajikan dengan tambahan kuah hangat. Ciri khas lainnya yaitu tambahan daun bawang. 

Di Indonesia sendiri, menu dari pangsit sering ditemui tanpa kuah, yaitu dimsum. 

Harga jual dimsum juga lumayan mahal, jadi tidak banyak yang pernah mencobanya.

Dari pada kamu membeli dimsum, kenapa tidak coba membuat sup pangsit atau kuah pangsit yang enak di rumah. 


Bahan-bahan yang digunakan sangat mudah ditemukan. Menu ini sesekali bisa kamu buat saat bosan dengan masakan yang selalu sama setiap harinya. Apalagi jika sedang musim penghujan, menu pangsit kuah sangat cocok untuk menghangatkan perut. 

Penasara bagaimana cara membuatnya? Simak lengkapnya berikut ini ya.

Bahan yang diperlukan:

Daging ayam secukupnya, 1 butir telur, kulit pangsit, daun bawang, daun seledri, jahe, dan bawang goreng

Bumbu: Saos tiram, garam, lada bubuk, esensi ayam (Masako rasa ayam), kecap dan kecap ikan (jika ada).

Cara Membuat bola-bola pangsit

  1. Pertama, daging ayam yang telah dibersihkan lalu dicincang halus. Masukan pada wadah yang cekung. Tambahkan 1 sdt garam, penyedap rasa (masako ayam), bubuk lada, 1 sdm kecap dan saos tiram. Kemudian aduk rata menggunakan tangan.
  2. Untuk bumbu selanjutnya, pisahkan daun bawang dan batangnya. Batang daun bawang dipotong dadu bersama dengan satu ruas jahe. Simpan dalam wadah terpisah. Kemudian tambahkan air ke dalamnya, jahe dan batang daun bawang kemudian ditumbuk untuk diambil airnya. Sementara itu, sisa daun bawang lainnya dicincang dan disimpan dalam wadah lain untuk digunakan nanti.
  3. Masukkan sedikit demi sedikit perasan air jahe dan daun bawang tadi pada adonan daging. Kemudian aduk lagi menggunakan tangan hingga rata. Lalu tambahkan putih telur dan sisa daun bawang yang telah dicincang ke dalam adonan daging. Aduk rata selama satu menit, hingga tampak kenyal.
  4. Siapkan kulit pangsit, lalu masukan adonan daging ke dalamnya. Gunakan lima jari untuk mengerucutkan ujung pangsit agar tertutup dan membentuk. Setelah isian daging ayam habis, simpan sementara di kulkas sebelum dimasak bersama kuahnya.
  5. Jika ingin langsung di masak, panaskan air hingga mendidih, jangan lupa tambahkan 1 sdt garam ke dalamnya. Masukan pangsit, diamkan selama satu menit, lalu mulai diaduk agar pangsit tidak menempel satu sama lain. Jika airnya surut, tambahkan sedikit air dingin.
  6. Masak pangsit sekitar 3 menit hingga mengambang.

Resep Kuah Pangsit Enak

Untuk mendapatkan kuah pangsit yang enak, kamu hanya perlu mengulangi resep dan bumbu sebelumya yang pernah digunakan selama membuat adonana atau isian pangsit. 

Makanan China ini memang memiliki ciri khas, yaitu penggunaan daun bawang dalam setiap masakannya. Kalau kamu kurnang suka dengan aroma daun bawang, bisa ditukar dengan sayur lain ya. 

Tapi sepertinya lebih enak dengan daun bawang, karena hangat. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat kuah pangsit dan tata caranya akan dijelaskan sebagai berikut.

  • Pertama, cincang satu ikan daun seledari yang biasa kita dapati dalam sayur sop. Tak lupa juga cincang daun bawang. Simpan dalam wadah.
  • Untuk bumbunya, siapkan wadah yang cekung dan besar. masukan 1 sdt garam, lalu tambahkan 1 sdm kecap, beri masako atau bubuk esensi ayam. Tak lupa masukan saos tiram dan kecap ikan (jika ada). Agar terasa pedas, tambahkan bubuk cabai atau cabai yang sudah dicincang. Terakhir masukkan daun bawang dan seledari yang sudah dicincang ke dalamnya.
  • Tuang air rebusan pangsit pada wadah yang sudah berisi bumbu dan sayuran. Aduk hingga bumbu menyatu dengan kuah. Kemudian pangsit yang telah selesai direbus juga di masukan ke dalamnya dan diaduk.

Bagian terakhir sebelum penyajian yang tidak boleh tertinggal adalah taburan bawang goreng. Belilah bawang goreng di toko online atau produsen bawang goreng murah

Maka kamu akan mendapatkan aneka bawang siap saji dengan harga yang murah. Bawang goreng juga bisa kamu gunakan berulang kali saat akan memasak pangsit lagi.

Happy Cooking!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengedit Foto Polaroid Dengan Aplikasi dan Situs Web Edit Foto

7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya

0812–8904–2433, Lautan Display, Supplier Stand Banner Banjarmasin