Resep Udang Asam Manis, Dijamin Bikin Ngiler

 


LSCORP – Salah satu menu seafood yang bikin ngiler adalah udang. Apalagi jika udang yang dimasak bentuknya besar dan memiliki banyak daging. Tentu harganya juga akan mahal. 

Kalau kamu lagi ngebet banget ingin makan udang, coba beli udang berukuran sedang yang banyak di jual di pasar-pasar tradisional. Meskipun dagingnya tidak sebanyak yang ada di restoran mewah. Namun, kamu bisa tetap menikmati udang yang enak loh.

Udang dapat diolah menjadi beragam menu masakan. Biasanya udang dimasak dengan cara dibakar, digoreng, disayur, dan masih banyak lagi. Udang yang segar bisa jadi makanan yang lezat bila dimasak dan dibumbui dengan benar. 

Tidak perlu bumbu-bumbu yang mewah, kali ini kita akan menyajikan udang asam manis dengan bumbu-bumbu rempah khas mamah di rumah. Karena bahannya sederhana, kamu bisa menggunakan resep memasak udang asam manis ini di rumah.

Sebelum mulai memasak, jangan lupa siapkan satu taburan istimewa yaitu bawang goreng. Kamu bisa membeli bawang goreng instan melalui toko online atau produsen bawang goreng murah. Agar tidak perlu lagi mengupas bawang hanya untuk membuat bawang goreng. 

Fungsi taburan itu sendiri sebagai penguat rasa dan aroma, sehingga udang asam manis buatan kamu akan makin harum dan yummy. Untuk informasi cara memasak udang asam manis, simak resep lengkapnya berikut ini ya.

Bahan-bahan:

Siapkan udang, ½ jeruk nipis, ½ bawang Bombay, 3 siung bawang putih, 2 ruas jahe, 2 buah cabai merah keriting, paprika merah dan hijau secukupnya, daun bawang, 100 ml air, dan bawang goreng

Bumbu yang diperlukan:

6 sdm saus tomat, 1 sdm saus tiram, 1 sdt cuka,1 sdt garam, 1 sdm gula, ¼ sdt merica bubuk, 2 sdm minyak goreng

Cara Memasaknya:


  1. Pertama, cuci udang hingga bersih dan potong kepalanya.
  2. Potong-potong kotak paprika, cincang halus bawang putih, iris tipis bawang bombay, potong jahe dan iris serong 0,5 cm daun bawang.
  3. Lumuri udang dengan air perasan jeruk nipis, lalu diamkan sebentar agar perasan jeruk menempel pada udang
  4. Di tempat lain, mulailah memanaskan minyak pada wajan. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum, kemudian masukkan bawang bombay, aduk sebentar. Masukkan paprika merah dan paprika hijau, aduk sampai layu.
  5. Setelah itu tambahkan cabe merah, aduk sebentar. Lalu masukkan udang, aduk bersama bahan yang lain sampai udang berubah warna
  6. Sementara menunggu udang matang merata, Kecilkan api. Lalu masukkan saus tomat, saus tiram, garam, merica bubuk, dan gula pasir, aduk Kembali.
  7. Masukkan air dan cuka. Masak hingga mendidih dan kuahnya mengental. Jika kuahnya ingin lebih kental, kamu bisa menambahkan sedikit teoung maizena atau tepung jagung. Koreksi rasanya apakah ada yang kurang.

Jika udang sudah matang dan rasanya oke, angkatlah udang pada wadah. Jangan lupa taburi bagian atasnya dengan bawang goreng instan yang sudah kamu beli di produsen bawang goreng.

Sekarang udang asam manis sudah siap untuk disajikan. Mudah bukan cara membuatnya? kalian bisa mencoba membuatnya dirumah dengan bahan yang sederhan yang mudah ditemukan. 

Jika bahan lain ingin ditambahkan atau dikurangi, itu juga sangat bisa. Masaklah sesuai selera dan kreasikan kembali di rumah.

Selamat mencoba!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengedit Foto Polaroid Dengan Aplikasi dan Situs Web Edit Foto

7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya

0812–8904–2433, Lautan Display, Supplier Stand Banner Banjarmasin