Tips Membeli Barang Online Agar Tidak Tertipu

BawangGorengNion – Berbelanja barang kebutuhan telah menjadi rutinitas setiap rumah tangga. Kali ini, kegiatan membeli barang yang akan kita bahas yaitu melalui marketplace online atau berbelanja secara daring. Membeli barang di pasar atau offline mrupakan hal biasa. Karena antara penjual dan pembeli bertemu langsung, bahkan produk yang dijual juga dapat dirasakan oleh semua indra. Dengan demikian, hal-hal yang memungkinkan merugikan konsumen akan minim terjadi. Karena, transaksi jual beli baru akan deal saat pembeli menyukai produk yang dijual oleh pedagang dan sudah terjadi tawar menawar harga. Sehingga timbul kesepakatan harga yang disetujui bersama.

Sementara itu, dalam marketplace online akad jual beli tidak terjadi sebagai mana mestinya. Karena antara penjual, pembeli, bahkan produk yang dijual tidak bertemu secara langsung. Oleh karena itu, penting mengetahui cara-cara membeli barang secara online. Agar terhindar dari penipuan, barang tidak sesuai harapan, dan kemungkinan lain yang bisa saja terjadi.

Nah, dalam artikel kali ini kita sama-sama akan membahas bagaimana caranya berbelanja online yang aman, baik itu di Shopee, Tokped, Lazada dan marketplace lainnya. Meski ada begitu banyak situs belanja online, beberapa cara berikut ini bisa kamu gunakan di manapun untuk mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan.

Pertama, Cek Ulasan

Jika saat di pasar tradisional kamu sering bertanya pada pelanggan lain harga di suatu toko, maka kamu bisa menerapkan cara serupa di marketplace. Misalnya saat akan membeli bawang goreng murah di lapak produsen bawang goreng Tangerang Selatan dari Nion Nion. Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melihat ulasan pembelinya. Apakah bawang goreng tersebut layak makan meski harganya murah.

Baik atau buruknya produk yang dijual juga bagaimana pelayanan sebuah toko, bisa dillihat dengan jelas dari ulasan berupa bintang maupun komentar dari pembeli. Jika rata-rata ulasannya bintang 4 dan 5, maka kamu tidak perlu lagi khawatir. Karena itu menandakan penjual secara konsisten telah memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi konsumennya. Adapun rating di bawah itu pasti selalu ada bahkan di toko yang sudah best seller sekalipun. Wajar, namaya juga manusia, sesekali terjadi error baik pada produk maupun pelayanan itu hal normal.

Kedua, Baca Deskripsi Produk dengan Cermat

Setiap produk yang dijual pasti memililki deskripsi yang isinya informasi. Dalam deskripsi produk kita bisa mengetahui jenis barang, bahan yang digunakan, ada apa aja dan lainnya. Setelah dengan cermat membaca, jika pesanan kamu tidak ada dalam deskripsi atau info yang kamu butuhkan belum terjawab bisa langsung mengikuti cara terakhir, tanya pada penjual.

Ketiga, Tanya Pada Seller

Seller biasanya memfasilitasi konsumen untuk dapat bertanya. Baik pada kolom komentar maupun melalui customer servicenya langsung. Mereka akan senang jika konsumen bertanya sebelum membeli. Karena respon seller yang bagus saat koneumen bertanya akan memengaruhi performa toko juga. Jadi jangan ragu untuk bertanya ya terkait barang yang akan kamu beli saat berbelanja secara online.

Happy shopping!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Stempel Di Canva Secara Online

Stiker Kaca Rumah Minimalis Yang Bagus! Pilih Nomor 2

Berapa Lama Sih Pengerjaan Cetak Banner? Intip Di Sini