Tips Membeli Barang Online Agar Tidak Tertipu
BawangGorengNion – Berbelanja barang kebutuhan telah menjadi
rutinitas setiap rumah tangga. Kali ini, kegiatan membeli barang yang akan kita
bahas yaitu melalui marketplace online atau berbelanja secara daring. Membeli
barang di pasar atau offline mrupakan hal biasa. Karena antara penjual dan
pembeli bertemu langsung, bahkan produk yang dijual juga dapat dirasakan oleh
semua indra. Dengan demikian, hal-hal yang memungkinkan merugikan konsumen akan
minim terjadi. Karena, transaksi jual beli baru akan deal saat pembeli menyukai
produk yang dijual oleh pedagang dan sudah terjadi tawar menawar harga.
Sehingga timbul kesepakatan harga yang disetujui bersama.
Sementara itu, dalam marketplace
online akad jual beli tidak terjadi sebagai mana mestinya. Karena antara
penjual, pembeli, bahkan produk yang dijual tidak bertemu secara langsung. Oleh
karena itu, penting mengetahui cara-cara membeli barang secara online. Agar
terhindar dari penipuan, barang tidak sesuai harapan, dan kemungkinan lain yang
bisa saja terjadi.
Nah, dalam artikel kali ini kita
sama-sama akan membahas bagaimana caranya berbelanja online yang aman, baik itu
di Shopee, Tokped, Lazada dan marketplace lainnya. Meski ada begitu banyak
situs belanja online, beberapa cara berikut ini bisa kamu gunakan di manapun
untuk mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan.
Jika saat di pasar tradisional
kamu sering bertanya pada pelanggan lain harga di suatu toko, maka kamu bisa
menerapkan cara serupa di marketplace. Misalnya saat akan membeli bawang goreng
murah di lapak produsen bawang goreng Tangerang Selatan
dari Nion Nion. Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melihat
ulasan pembelinya. Apakah bawang goreng tersebut layak makan meski harganya
murah.
Baik atau buruknya produk yang
dijual juga bagaimana pelayanan sebuah toko, bisa dillihat dengan jelas dari
ulasan berupa bintang maupun komentar dari pembeli. Jika rata-rata ulasannya
bintang 4 dan 5, maka kamu tidak perlu lagi khawatir. Karena itu menandakan
penjual secara konsisten telah memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi
konsumennya. Adapun rating di bawah itu pasti selalu ada bahkan di toko yang
sudah best seller sekalipun. Wajar, namaya juga manusia, sesekali terjadi error
baik pada produk maupun pelayanan itu hal normal.
Kedua, Baca Deskripsi Produk dengan Cermat
Setiap produk yang dijual pasti
memililki deskripsi yang isinya informasi. Dalam deskripsi produk kita bisa
mengetahui jenis barang, bahan yang digunakan, ada apa aja dan lainnya. Setelah
dengan cermat membaca, jika pesanan kamu tidak ada dalam deskripsi atau info
yang kamu butuhkan belum terjawab bisa langsung mengikuti cara terakhir, tanya
pada penjual.
Ketiga, Tanya Pada Seller
Seller biasanya memfasilitasi
konsumen untuk dapat bertanya. Baik pada kolom komentar maupun melalui customer
servicenya langsung. Mereka akan senang jika konsumen bertanya sebelum membeli.
Karena respon seller yang bagus saat koneumen bertanya akan memengaruhi
performa toko juga. Jadi jangan ragu untuk bertanya ya terkait barang yang akan
kamu beli saat berbelanja secara online.
Happy shopping!
Komentar
Posting Komentar