Waspada! Ini Cara Mudah Cek Olshop Instagram Asli atau Palsu

 

LACORP.ID - Media sosial seperti Instagram, sudah menjadi gaya hidup saat ini. Baik untuk berinteraksi, promosi, bahkan menjalankan bisnis. Meski begitu, tidak sedikit juga yang menyalahgunakan media sosial ini untuk mencari keuntungan secara ilegal dari orang lain.

Modus berjualan online, kerap menjadi wadah penipuan. Pengguna media sosial yang tidak hati-hati dapat menjadi korban penipuan oleh olshop Instagram bodong. Belakangan ini sempat viral sebuah online shop yang banyak menipu customernya.

Maka dari itu, ciri-ciri online shop penipu di Instagram perlu sekali diketahui untuk menghindari pengalaman buruk saat berbelanja online. Kemudahan melakukan transaksi belanja online yang tersedia, saat ini memberikan celah bagi oknum penipu dalam menjalankan aksi mereka. Penasaran bagaimana cara mudah cek olshop asli atau palsu? berikut ini adalah beberapa cara untuk mengidentifikasi fake account di Instagram.

Harga produk tidak wajar

Jebakan harga murah atau promosi menarik yang tidak wajar merupakan ciri-ciri online shop penipu di Instagram yang paling mudah dilihat. Modus ini biasanya dilakukan oleh oknum penipu agar kamu jadi lebih mudah tergiur dan tanpa pikir panjang membeli produk di online shop palsu tersebut.

Kolom komentar dinonaktifkan

Ciri-ciri penipu online shop di Instagram yang berikutnya adalah kolom komentar unggahannya yang dinonaktifkan. Alasan terbesar mengapa online shop menonaktifkan kolom komentar mereka adalah karena adanya komentar buruk yang ditulis oleh korban-korban sebelumnya.

Followers palsu

Pertama lihat jumlah following akun tersebut, lalu bandingkan dengan jumlah followers-nya. Kebanyakan fake account yang ada di Instagram memiliki jumlah following yang tidak wajar dan tidak sebanding dengan jumlah followers-nya.

Jika sebuah online shop memiliki followers puluhan ribu namun jumlah likenya hanya belasan orang, anda harus berhati-hati dengan online shop tersebut.

Testimoni dan rekening mencurigakan


Testimoni palsu biasanya menggunakan bahasa yang berlebihan tanpa penjelasan pengalaman secara rinci. Selain itu, foto dan kalimat testimoni yang tercantum terlihat tidak asing karena sama persis dengan yang termiliki toko lain.

Selain testimoni, rekening yang mencurigakan juga menjadi ciri penipuan lainnya. Kamu juga perlu mengecek rekening yang digunakan penjual secara online melalui website-website yang menyediakan layanan ini.

Kualitas image/ video jelek

Fake account biasanya mengambil tanpa izin foto atau video yang dimiliki oleh real account. Hal ini tentu membuat kualitas gambar atau video akan turun dan tidak bagus. Ini bisa jadi indikator keaslian suatu akun.

Situs website yang aneh

Kamu perlu waspada olshop yang menggunakan situs website yang aneh, terlebih lagi kalau situs-situs tersebut membahayakan kamu, kamu perlu mewaspadainya, karena bisa saja situs tersebut situs yang fake dan akan berpengaruh juga ke handphone mu.

Maka dari itu temuilah olshop yang sudah mempunyai situs websitenya sendiri dan juga sudah ada di berbagai marketplace, seperti shopee, tokopedia, lazada dan masih banyak lagi. Contoh Percetakan Murah Online dari lautan Display sudah mempunyai website resmi dan juga sudah tersebar di berbagai marketplace seperti shopee, tokopedia dan juga sudah mempunyai alamat toko yang terpercaya di google maps.

Itu beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memastikan sebuah akun Instagram itu palsu atau asli. Maraknya penipuan yang terjadi saat ini mewajibkan kita untuk terus berhati-hati dalam menggunakan media sosial, terutama ketika berkaitan dengan transaksi online.

Semoga berhasil.

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengedit Foto Polaroid Dengan Aplikasi dan Situs Web Edit Foto

7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya

0812–8904–2433, Lautan Display, Supplier Stand Banner Banjarmasin