Cara Melukis Di Kanvas – Aturan yang Tepat

 

Cara Melukis Di Kanvas – Melukis di kanvas memang tak memiliki aturan khusus harus melakukan apa dan apa yang perlu di Lukis. Melukis mirip dengan kegiatan membuat desain. Kamu bisa bebas membuat karya apapun, dengan cara apapun.

Namun, tentu saja sebebas apapun kamu bisa membuat desain atau lukisan. Sebelum mulai mendesain, ada Langkah yang terstrukur untuk menyiapkan media Lukis. Hal yang sama juga berlaku untuk cara melukis di kanvas.

Tulisan ini tidak akan mengajari kamu bagaimana harus melukis.Tapi akan memberitahu cara menyiapkan kanvas dan bagaimana agar alat-alat lukis digunakan secara maksimal untuk mendukung karya yang kamu buat. Sudah jelas? Mari kita lanjutkan dengan cara melukis di kanvas.

1. Siapkan Kanvas

Bagi seniman professional atau orang yang mempelajari melukis dengan ilmunya. Menyiapkan kanvas bukan sekedar mangadakan yang tidak ada. Melainkan menyiapkannya agar ada dan membuat kanvas tersebut bisa nyaman digunakan untuk melukis.

Jika kamu belum memiliki kanvas Lukis, kamu bisa membelinya di percetakan murah online yang menyediakan alat melukis. Biasanya ada beberapa ukuran kanvas, mulai dari yang terkecil sampai ukuran lebih besar. Pastikan ukuran kanvas yang kamu beli sesuai dengan kebutuhan lukisan.

Ada dua macam bahan yang digunakan untuk kanvas, yaitu linen dan katun (kapas). Keduanya bisa menahan cat minyak dan akrilik dengan baik. Kanvas dengan bahan katun atau kapas, harganya lebih murah. Namun perlu banyak usaha lagi untuk membuatnya siap dijadikan media Lukis, kalau ingin mengikuti standar kertas Lukis.

Sementara itu, bahan linen lebih bagus dari kanvas katun. Namun harganya juga lebih mahal. Kamu bisa memilih salah satunya atau ikut yang sudah ada saja di pasaran. Tak masalah.

2. Lapisi Kanvas dengan Gesso

Gasso adalah bahan yang menyerupai cat akrilik putih. Bahan ini digunakan untuk melapisi permukaan kanvas agar bisa menahan cat air, cat minyak, dan akrilik. Gesso biasanya diaplikasikan pada kanvas setelah dibuka dari kemasannya. Penambahan gasso membuat permukaan kanvas semakin nyaman digunakan untuk melukis.

Setiap jenis cat air, memerlukan jumlah lapisan gasso yang berbeda-beda. Misalnya, untuk melukis dengan cat akrilik, setidaknya kamu butuh 3 lapisan gesso pada kanvas. Dan butuh lebih banyak lagi jika menggunakan cat minyak, sekitar 4 lapisan gesso.

3. Gambar Background

Setelah lapisan gesso kering, maka Langkah utama yaitu membuat gambar latar. Ini bisa saja tidak dibutuhkan, tergantung kebutuhan Lukis. Namun, jika kamu butuh latar belakang gunakan kuas besar untuk membuatnya agar mudah selesai.

Itulah beberapa aturan teknis cara melukis di kanvas. Jika kamu melakukannya, maka kanvas Lukis akan bekerja lebih maksimal.

Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengedit Foto Polaroid Dengan Aplikasi dan Situs Web Edit Foto

7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya

0812–8904–2433, Lautan Display, Supplier Stand Banner Banjarmasin