Cara Membuat Desain Cover Buku dengan Photoshop

 

Lautan Display – Membuat desain cover buku tak hanya dapat dilalukan oleh publishing atau percetakan ternama. Jika kamu memiliki karya dan membutuhkan cover untuk halaman depannya. Dengan teknologi editing saat ini, kamu sudah bisa membuatnya sendiri.

Karena cover buku sering kali memilliki tema sepi dan elegan. Membuat desain cover sangat mudah. Tak peru banyak tool yang ditambahkan. Kamu hanya perlu menyiapkan gambar background yang indah dan font yang mendukung. Padu padan warna di cover yang polos akan sangat menentukan.

Namun, jika kamu tak butuh padu padan warna untuk background. Gunakan saja gambar dan tulisan. Dipoles sedikit dengan blending, maka cover sudah bisa digunakan. Tahap terakhirnya hanya perlu menyerahkan pada percetakan online untuk dicetak. Karena kamu tak mungkin mencetaknya sendiri, kecuali memilliki alat yang dibutuhkan. Betul bukan?

Nah, berikut ini adalah 3 langkah mudah membuat desain cover buku simple dengan aplikasi adobe photoshop.

Tahap pertama, menambahkan background utama cover

  1. Pertama, buka aplikasi editing adobe photoshop
  2. Atur terlebih dahulu dokumennya, ubah width jadi 2000 pixels, height juga 2000 pixels, resolusinya 72. Setelah itu klik create atau buat dokumen
  3. Setelah itu tambahkan 1 gambar, jika ukurannya belum sesuai dengan layer putihnya. Kamu bisa menyesuaikannya dahulu dengan cara posisikan gambar ditengah-tengah. Lalu tekan shift+alt dan tarik salah satu ujungnya hingga tampak foto memenuhi layer putih.
  4. Setelah itu tekan centeng untuk menyimpan perubahan tersebut.

Tahap kedua, menambahkan kotak dan tulisan

  1. Pilih rectangle tool untuk membuat persegi Panjang
  2. Pada jendela rectangle, atur widthnya menjadi 1000 dan height 2000px. Tekan oke
  3. Posisikan persegi Panjang di samping kanan. Atur agar posisinya pas.
  4. Setela itu, cari type tool atau ikon berlogo huruf T untuk membuat tulisan. Atur jenis font nya di bagian atas. Dalam artikel ini font yang digunakan adalah “anto”
  5. Pilih warna huruf nya jadi hitam
  6. Lalu mulailah membuat tulisan cover. Misal “work hard dream big”
  7. Blok tulisan yang sudah dibuat, lalu klik menu windows pilih caracter. Atur ukuran nya.

Bagian ketiga, mengedit font

  1. Geser font ke kotak persegi pajang. Ubah ukurannya dengan cara tekan shift+alt lalu tarik salah satu ujungnya. Buat font memenuhi kotak persegi panjang. Lalu tekan ceklis
  2. Setelah itu, klik layer font dan klik kanan pada kursor, pilih blending option. Atur fill opacaity nya jadi 0. Di kolom knockout bagian bawah ubah jadi swallow. Lalu oke
  3. Sekarang tarik layer font dan posisikan di bawah layer rectangle.

Sudah jadi. Desain cover buku menggunakan photoshop hanya memerlukan 3 langkah saja. Selebihnya jika kamu ingin mencetak cover tersebut silahkan kunjungi percetakan murah online dari lautan display. Tersedia fasilitas cetak yang sangat lengkap. Bahkan jika kamu belum punya desainnya, lautan display juga menyediakan jasa desain loh. Klik di sini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengedit Foto Polaroid Dengan Aplikasi dan Situs Web Edit Foto

7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya

0812–8904–2433, Lautan Display, Supplier Stand Banner Banjarmasin