Cara Membuat Pas Foto Di Photoshop Biar Gagah!

Lautan Display – Hal yang paling menyebalkan saat akan membuat pas foto yaitu momen pengambilan gambar. Kita perlu berdandan rapi, menggunakan jas, bahkan membutuhkan bantuan orang lain untuk memotret. Belum lagi kalau bantuan tak ada, gak punya jas bagus. Warna baju kurang cerah dan tak mendukung. Huft.

Untungnya aplikasi desain sekarang sangat pengertian. Kalau dulu jalan satu-satunya agar pas foto bagus harus pergi ke abang percetakan atau lewat percetakan online yang sekarang marak. Sekarang, setelah membaca artikel ini kamu bisa membuatnya sendiri.

Edit pas foto dengan gambar seadanya. Asalkan gambar jelas, muka bersih, posisi wajah dan badan lurus ke depan. Kamu sudah bisa mengubahnya menjadi pas foto. Tanpa perlu lagi tuh cari jas sana-sini. Cari orang untuk memotret dan beragam keperluan lainnya. Mau bisa buat pas foto sesimpel itu? Baca sampai selesai artikel ini.

Cara Membuat Pas Foto

  1. Pertama, buka aplikasi editing adobe photoshop. Lalu klik open dan pilih foto yang akan kamu gunakan.
  2. Setelah itu pilih menu select, lalu klik subject. Tunggu photoshop memproses perintah, nanti akan muncul garis seleksi pada foto kamu yang memisahkan subjek dengan background.
  3. Arahkan kursor ke bagian bawah panel layer, lalu klik layer mask. Layer mask ini berguna untuk melapisi gambar aslinya. Agar setelah diedit sekalipun gambar awalnya tidak akan rusak. Jika kamu tidak menggunakan layer mask, semua perintah editing akan ada di satu layer. Jika terjadi kesalahan edit dipertengahan, kamu tak dapat mengubahnya. Oleh karena itu gunakan layer mask.
  4. Setelah mengklik layer mask, akan muncul layer berwarna hitam putih disamping layer foto kamu. Background di layer juga akan berubah. Selanjutnya klik brush tool, lalu klik layer mask berwarna hitam putih tadi.
  5. Lalu pindah ke menu tools bagian bawah, ubah warna foreground color menjadi hitam. Dengan mengklik tanda panahnya saja.
  6. Hapus bagian baju, sisakan bagian leher hingga kepala saja, kita akan mengganti baju di foto dengan yang lebih baik. Jika menggunakan brush tool tidak begitu rapih. Minta bantuan quick selection tool. Seleksi gambarnya, lalu gunakan brush tool kembali untuk menghapus baju. Selesai
  7. Setelah selesai dan rapi, tekan ctrl+0

Selanjutnya kita akan membuat backgorund formal untuk pas fotonya. Caranya sebagai berikut:

  1. Klik ikon hue/saturation, pilih solid color.
  2. Pada jendela color picker, atur kode warnanya menjadi ff0000 untuk membuat background pas foto merah. Lalu klik oke
  3. Sekarang ke panel layer, tarik layer 0 ke bawah layer background agar gambarnya menyatu. Atau agar background foto berwarna merah ada di bawah.
  4. Sekarang waktunya untuk menempelkan foto baju yang bagus untuk pas foto. Pergi ke menu file, lalu klik place embedded.
  5. Pilih foto balck suit atau gambar baju kemeja tanpa kepala yang sudah disiapkan sebelumnya.
  6. Lalu atur ukurannya agar pas dan sesuai dengan ukuran kepala dan leher kamu. Lalu klik centeng
  7. Hasilnya belum menempel secara alami, jika posisinya sudah oke klik kanan kursor, lalu resterize layer. Tarik foto black suit agar berada di urutan layer paling atas. Lalu atur lagi agar posisinya pas.
  8. Setelah itu buat layer mask baru di layer foto black suit. Ubah warna foreground color menjadi hitam.
  9. Gunakan quick selection tool untuk menyeleksi bagian kerah kemeja, lalu hilangkan dengan brush tool agar kemeja lebih pas saat disatukan dengan leher.
  10. Aktifkan layer foto kemeja, lalu klik ctrl+T atau tansform. Perintah ini digunakan agar gambar baju lebih mudah ditarik dan diatur agar pas.

Selesai. Itulah cara membuat pas foto biar keren dan gagah tanpa perlu menggunakan jasa desain dari percetakan online. Membuat editing pas foto sendri lebih puas kan? Eh tapi kalau mau cetak foto gunakan percetakan murah online aja ya. Soalnya print sendiri mahal bro.

Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengedit Foto Polaroid Dengan Aplikasi dan Situs Web Edit Foto

7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya

0812–8904–2433, Lautan Display, Supplier Stand Banner Banjarmasin