Cara Mengatur Ukuran Pas Foto di Photoshop Sebelum Dicetak

Lautan Display – Setelah selesai mengedit pas foto dengan menggunakan aplikasi photoshop. Bagian yang tak kalah sulit lainnya adalah mengaturnya sebelum diprint. Jika kamu akan menggunakan percetakan murah online untuk mencetaknya maka tutorial ini tak perlu digunakan. Karena pihak percetakan online sudah tahu harus bagaimana mensettingnya agar ukurannya sesuai saat diprint.

Namun kamu sendiri berbeda. Jika belum tahu caranya, jangan langsung diprint ya, nanti salah ukuran lagi. Oleh karena itu, sebelum hasil pas foto yang kamu kerjakan dicetak, alangkah baiknya atur dulu ukurannnya dengan cara di bawah ini.

Cara atur foto di photoshop

Buka aplikasi adobe photoshop. Photo dengan background merah yang telah kamu edit dengan ukuran bebas, kini akan diubah ukurannya. Caranya sebagai berikut;

  1. Jika hasil editing sebelumnya setiap layer belum disatukan, buat menyatu terlebih dahulu. Caranya blok semua layer (tekan shift + pilih semua layer, klik kanan lalu klik merge layers).
  2. Apabila sudah disatukan, buatlah file baru. Caranya, arahkan kursor ke menu file, lalu pilih New File
  3. Pada jendela dokumen baru, ubah satuan dari pexels ke centimeter. Lalu atur width 3.5 dan height 4.5 resolusinya tetap 300. Jika kamu punya ukuran lain yang ingin digunakan, tinggal ubah width dan height nya saja. Lalu klik create.
  4. Sekarang aplikasi photoshop kamu sedang membuka 2 file sekaligus. Yaitu file foto dan dokumen yang baru saja kamu buat.
  5. Masuk ke file foto, klik foto nya lalu tarik ke dokumen baru dan tunda (drag & drop). Setelah dipindahkan, ukuran fotonya akan lebih besar dari kertas. Jika ini terjadi, klik Ctrl+T lalu tarik ujung-ujungnya agar foto pas dengan kertasnya. Jika posisinya sudah pas, klik tanda centeng di bagian atas.
  6. Untuk membuat warna fotonya lebih menyatu, pergi ke menu -> adjustment -> exposure
  7. Atur exposure dan gamma correctionnya sesuai kebutuhan. Lalu tekan oke

Sekarang kita akan membuatnya menjadi banyak, karena untuk dicetak. Caranya klik rectangular marque tool. Lalu seleksi keseluruhan gambar dan copy (ctrl+C). Pergi ke menu file, klik new dan pilih kertas A4. Lalu tekan create. Klik ctrl+V untuk menyalin foto ke dalam dokumen baru tersebut.

Agar saat akan dipotong jelas barisnya, beri garis tepi untuk foto. Caranya ke menu edit, pilih stroke, atur width nya jadi 4, pilih center. Lalu oke. Jika tampilan layarnya terlalu nge-zoom ke depan, tekan ctrl+0 untuk memundurkannya. Selanjutnya tinggal duplikat saja gambarnya agar makin banyak. Selesai.

Sebagai catatan, tutorial ini digunakan setelah pas foto selesai dibuat. Jika kamu belum memiliki pas foto sebelumnya, buka artikel Cara Membuat Pas Foto Di Photoshop untuk membuatnya terlebih dahulu. Baru setelah itu ikuti tutorial dalam artikel ini.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan simple di tengah kesibukan kamu yang padat untuk membuat pas foto. Kamu hanya perlu mengunjungi salah satu tempat percetakan murah online saja. Maka pas foto akan langsung jadi dalam hitungan menit. Kalau dicetak, mungkin perlu waktu 2-3 hari sebelum tiba di rumah kamu, tergantung jarak pengiriman. Namun, jika hanya soft file nya saja, seharipun jadi. Tanyakan saja estimasi waktunya.

Happy Shopping! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengedit Foto Polaroid Dengan Aplikasi dan Situs Web Edit Foto

7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya

0812–8904–2433, Lautan Display, Supplier Stand Banner Banjarmasin