Apa Itu Kanvas Lukis?

 


Kanvas Lukis – Apa itu kanvas Lukis? Kanvas adalah media Lukis berbahan linen atau katun yang dirajut menjadi satu kesatuan. Semakin rekat rajutannya, maka semakin halus permukaan kanvas. Sebaliknya, jika rajutannya tidak terlalu rekat, maka permukaannya bisa agak kasar.

Kanvas sudah digunakan sejak berabad-abad lalu oleh para seniman untuk melukis, menuangkan kreativitas mereka. Bahkan hingga hari ini, kanvas masih menjadi primadona bagi para pelukis professional ataupun pemula untuk melukis. Terutama saat lukisan menggunakan cat akrilik.

Kenapa Kita Menggunakan Kanvas Untuk Melukis?

Ada dua alasan utama mengapa seniman menggunakan kanvas untuk melukiskan karya mereka. Pertama, permukaan kanvas sangat nyaman untuk menorehkan kuas. Keduanya saat cocok saat bertemu. Kedua, masa simpan lukisan dalam kanvas juga jelas, dapat bertahan dalam waktu yang lama. Jadi tidak mudah rusak.

Di pasaran sendiri ada beberapa jenis kanvas. Permukaan kanvas yang berbeda tentu sebaiknnya digunakan untuk jenis lukisan yang berbeda pula. Apa yang membuat kanvas berbeda? bahan tentunya. Bahan yang berbeda, menghasilkan kualitas kanvas yang berbeda pula. Ada yang mahal dan sedang. Bagaimana cara mengetahui kanvas dengan kualits tinggi dan standar? Berikut ini penjelasannya.

1. Bahan Kanvas Lukis


Kanvas Lukis biasanya terbuat dari dua bahan dasar, bisa linen atau katun. Bahan linen disebut sebagai yang terbaik, ia memiliki permukaan dan daya tahan yang bagus. Kualitas tersebut juga sebanding dengan harganya yang cukup mahal.

Bahan lainnya adalah katun dari kapas. Bahan ini tak buruk juga, bahkan sangat direkomendasikan untuk digunakan. Karena selain harganya terjangkau, kualitasnya juga baik dan dapat bertahan lama. Kamu bisa membelinya untuk meminimalisir pengeluaran melukis.

2. Tekstur Kanvas Lukis

Tekstur pada kanvas Lukis dipengaruhi oleh rajutannya. Semkin rekat rajutannya maka permukaannya makin halus, dan sebaliknya. Permukaan kanvas yang lebih halus cocok untuk lukisan kecil. Sementara itu, permukaan kanvas yang agak kasar lebih tepat digunakan untuk membuat lukisan yang luas dan besar.

Jadi, jika kamu hanya ingin membuat lukisan kecil saja. Gunakan kanvas berukuran kecil juga. Apabila ingin membuat karya Lukis yang lebih besar, baru gantiukurannya dengan yang lain.


3. Lapisan Gesso

Apakah kamu pernah mendengar bahwa sebelum mulai melukis, sebaiknya kanvas diberi gesso terlebih dahulu? Ya gesso adalah sejenis pigmen yang digunakan untuk mencegah lapisan cat merembes pada kanvas.

Saat kanvas Lukis dilapisi gesso, kanvas seperti memiliki layer pelindung permukaan aslinya. Dengan gesso, warna cat akan semakin bagus seperti aslinya. Kita juga tak perlu khawatir cat akan menyerap hingga tembus ke belakang saat terlalu banyak memakai cat lukis. itulah gunanya lapisan gesso.

Namun, di masa sekarang biasanya kanvas Lukis sudah dilapisi dengan gesso sebelum dijual. Tapi untuk mengetahui itu lebih baik kamu mencari tahu dahulu. Gesso adalah opsi. Jika kamu tak ingin menggunakannya itu akan baik-baik saja. Yang penting jangan terlalu berlebihan memberi warna atau cat.

Itulah informasi seputar apa itu kanvas Lukis. Jika kamu punya pertanyaan yang serupa atau seputar alat Lukis. Silahkan kunjungi website percetakan online lautan display untuk mendapatkan info lebih banyak. Tersedia juga kanvas Lukis dan peralatan melukis lainnya.

Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengedit Foto Polaroid Dengan Aplikasi dan Situs Web Edit Foto

7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya

0812–8904–2433, Lautan Display, Supplier Stand Banner Banjarmasin