Fungsi Jasa Desain dalam Branding & Promosi
Fungsi Jasa Desain - Dalam
membangun sebuah bisnis, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan agar bisnis
Anda terus berkembang. Salah satunya adalah mempersiapkan desain grafis sebagai
bagian dari pemasaran bisnis. Selain menambah nilai estetika, jasa desain ini
juga dapat membantu perusahaan untuk berkembang, mendatangkan pelanggan baru,
dan meningkatkan penjualan.
Desain grafis merupakan salah
satu cara komunikasi dan promosi yang dilakukan melalui visual. Seorang
desainer atau yang dikenal dengan sebutan desainer akan menyampaikan pesan
melalui berbagai elemen dalam desain yang membentuk citra atau visual tertentu.
Untuk itu, perancangan dapat dilakukan seefektif mungkin agar pesan dapat
tersampaikan dengan baik kepada khalayak.
Fungsi Jasa Desain dalam
Branding & Promosi
Desain grafis terdiri dari dua
kata, yaitu desain yang berarti cara mendesain secara estetika, dan grafis yang
berarti ilmu mendesain titik atau garis yang membentuk suatu gambar. Jadi, jasa
desain grafis adalah ilmu yang dapat membuat desain berupa gambar yang
mengandalkan kreatifitas pembuatnya.
Layanan yang Anda pilih harus
mampu mewakili brand dan produk yang Anda pasarkan. Berikut ini adalah fungsi jasa
desain atau peran penting desain grafis bagi perusahaan:
Gambar merek perusahaan
Umumnya, sebuah brand dikenal
dari sebuah logo perusahaan yang akan memberikan pengaruh ke seluruh bagian
bisnis. Desain harus mampu menyasar pelanggan potensial secara profesional,
fungsional, dan menarik. Sebaliknya, jasa desain harus sesuai dengan produk dan
jasa yang ditawarkan. Jadi, Anda memerlukan seorang desainer grafis promosi
yang terlatih dan profesional.
Dengan menggunakan jasa desain,
kamu dapat meminta mereka untuk membuatkan desain banner atau spandukpromosi yang paling sesuai dengan produk kamu.
Kesan pertama bagus
Saat bertemu orang baru, kesan
pertama sangatlah penting. Begitu juga saat membangun bisnis dan mencari calon
pembeli untuk pertama kalinya. Membuat desain produk yang sesuai dengan ciri
khas merek dapat membentuk pengalaman yang berkesan untuk konsemen. Hal ini
juga dapat menentukan apakah bisnis atau produk yang Anda tawarkan dapat
bertahan lama dan mendapatkan pelanggan setia.
Pesan yang efisien dan
produktif
Citra yang dibuat sembarangan
tentu akan berdampak negatif terhadap efisiensi dan produktivitas. Misalnya,
perusahaan yang tidak memposting gambar yang bagus untuk media sosial atau
situs web perusahaan. Tentunya hal tersebut akan membuat konsumen bingung dan
tidak banyak yang datang ke situs perusahaan tersebut. Untuk itu, maka pastikan
Anda memilih gambar, resolusi, warna, hingga font dan gambar yang benar.
Strategi pemasaran
Strategi marketing yang efektif
dan efisien adalah dengan menggunakan desain grafis yang menarik. Desain grafis
ini harus menggambarkan kesan perusahaan dan produk yang lebih baik, sehingga
calon pembeli akan lebih tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan
perusahaan. Seperti misalnya kenyataan bahwa banyak orang akan lebih tertarik
dengan media promosi yang menarik atau kemasan yang bagus. Kedua hal ini lahir
dari membuat desain grafis yang tepat.
Mampu mengalahkan para pesaing
Selain mendatangkan keuntungan
dan meningkatkan penjualan, desain grafis yang baik juga bisa mengalahkan
pesaing. Kreativitas dalam membuat desain yang menarik akan membantu Anda
mengalahkan pesaing Anda karena dapat memberikan desain yang lebih menarik.
Dengan begitu, Anda bisa merebut pembeli dari pesaing dengan desain unik.
Pengiriman pesan lebih efektif
Poin ini bisa dianalogikan dengan
presentasi dalam perkuliahan menggunakan power point. Bayangkan materi branding
Anda tersaji disana, dan bagaimana desain power point tersebut merupakan salah
satu bentuk desain grafis. Dan peserta perkulhan adalah pelanggan potensial
Anda.
Bayangkan jika jenis font yang
digunakan dalam power point sangat rumit dan sulit dibaca, apakah konsumen akan
nyaman mengikuti sesi presentasi? Atau bayangkan jika pemilihan warna dan
aksesoris penghias setiap slide begitu kontras dan ramai sehingga membuat
mereka kehilangan fokus, apakah konsumen akan tetap nyaman melihat langsung
presentasinya? Atau mungkin ternyata isi slidenya hanya teks saja, tanpa icon,
logo, dan warna pelengkap, apakah konsumen masih nyaman mengikutinya sampai
akhir?
Nah, inilah yang dimaksud dengan
menciptakan pesan yang efektif dan efisien. Penggunaan jasa desain grafis dapat
membantu Anda dalam mengelola konten branding yang ada, sehingga dapat diterima
dengan baik oleh konsumen yang dituju oleh perusahaan. Dengan bantuan desain
grafis, materi yang ada dapat diubah sedemikian rupa menjadi lebih sederhana,
namun jelas. Bisa lebih pendek, tapi lengkap. Dan itu pasti akan jauh lebih
menyenangkan untuk dilihat.
Komentar
Posting Komentar