Apa Itu Brosur? Definisi, Karakteristik, dan Kegunaan

 



Apa Itu Brosur - Brosur adalah media informasi yang digunakan untuk memperkenalkan produk atau layanan yang dimilliki oleh perusahaan. Sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), brosur merupakan bahan penjelasan tertulis mengenai suatu hal yang disusun secara sistematis. Sistemnya berbentuk cetakan yang hanya terdiri dari beberapa halaman yang bisa dilipat tanpa perlu dijilid.

Brosur kerap digunakan oleh perusahaan atau beragam instansi dalam mempromosikan produk atau jasa mereka. Keberadaan brosur memudahkan produsen dalam menawarkan produk atau jasa kepada konsumen. Brosur harus menarik dan bahasanya mudah dimengerti oleh pembaca agar masyarakat dengan mudah tertarik dengan apa yang dipromosikan.

Untuk lebih memahami brosur, Anda bisa membaca artikel ini tentang pengertian brosur, kegunaannya, serta cara membuatnya.


Definisi: Apa Itu Brosur?

Brosur adalah lembaran kertas cetak yang berisi informasi ringkas namun lengkap tentang produk, perusahaan, atau organisasi. Kata brosur berasal dari kata kerja Prancis "brocher", yang artinya menjahit. Secara harfiah, brosur berarti hasil karya yang dijahit.

Brosur adalah buku kecil atau selembar kertas yang dilipat yang memberikan informasi singkat mengenai apa yang sedang dipromosikan. Brosur umumnya dilengkapi ilustrasi dan didesain agar menarik perhatian serta mudah dibaca. Pembuatan brosur biasanya dicetak dalam 1 lembar. Namun banyak juga yang memberikan tambahan lipatan brosur sehingga mebentuk 2 hingga 4 lembar.

Brosur merupakan media pemasaran yang digunakan untuk memperkenalkan produk dan layanan yang dimiliki, termasuk saat ada kampanye produk. Brosur tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari satu halaman hingga buklet multi-halaman yang lebih umum, biasanya terdiri dari gambar disertai teks pendukung.




Brosur memudahkan produsen dalam menawarkan produk atau jasa kepada konsumen.

Fungsi Brosur

Dikutip dari buku 'Marketing Communication Through Visual Design' karya Maria Fitriah, fungsi brosur meliputi:

1. Fungsi informasi

Brosur digunakan untuk memberi informasi kepada pelanggan mengenai perusahaan. Informasi ini berkaitan dengan presentasi perusahaan, produk atau layanan baru yang ditawarkan, atau perubahan nama perusahaan.

2. Fungsi Iklan

Brosur berfungsi sebagai media iklan atau promosi yang menarik dan memungkinkan untuk mempromosikan produk atau jasa. Pemilik usaha biasanya mencetak brosur berukuran A4 dengan berbagai jenis lipatan untuk disebar.

3. Fungsi Identifikasi

Salah satu pentingnya memiliki brosur adalah sebagai indentifikasi dan pengenalan perusahaan. Dengan memiliki brosur yang serupa maka produk dan perusahaan kamu akan mudah dikenali.

4. Alat Informasi

Fungsi brosur adalah untuk menginformasikan barang atau jasa yang ditawarkan. Konsumen akan menambah pengetahuannya tentang barang atau jasa tersebut melalui brosur.

5. Alat Promosi

Brosur berfungsi sebagai media promosi perusahaan berupa penawaran yang dipasarkan di luar lokasi.

 6. Alat Penunjuk Karakter

Brosur berfungsi sebagai alat untuk menampilkan ciri khas melalui gaya presentasi. Di dalam brosur, dapat menampilkan logo perusahaan dan gambar lainnya. Selain itu, beberapa pengaturan dalam tipografi dan pewarnaan juga dapat membentuk karakter atau ciri khas perusahaan.

Karakteristik Brosur

Secara umum, karakteristik brosur meliputi: 

  • Memiliki pesan atau kalimat pendek dan huruf besar
  • Bertujuan untuk menginformasikan produk kepada masyarakat luas
  • Hanya terbit sekali dan desain dibuat semenarik mungkin
  • Dibagikan secara terpisah oleh perusahaan
  • Umumnya berukuran 90/100 x 800 cm
  • Warna yang mencolok atau kontras untuk memudahkan melihat dan membaca
  • Diletakkan di perempatan atau jalan yang strategis

Demikianlah penjelasan mengenai brosur lengkap dengan fungsi dan karakteristiknya. Jika Anda masih belum paham, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. (MF)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ide Poster Ramadhan & Ucapan Lebaran untuk Orang Terdekat

Spesifikasi Komponen Roll Banner Lengkap

7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya