Apa Itu Brosur? Definisi, Karakteristik, dan Kegunaan
Apa Itu
Brosur - Brosur adalah media informasi yang
digunakan untuk memperkenalkan produk atau layanan yang dimilliki oleh
perusahaan. Sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), brosur merupakan bahan
penjelasan tertulis mengenai suatu hal yang disusun secara sistematis.
Sistemnya berbentuk cetakan yang hanya terdiri dari beberapa halaman yang bisa
dilipat tanpa perlu dijilid.
Brosur kerap
digunakan oleh perusahaan atau beragam instansi dalam mempromosikan produk atau
jasa mereka. Keberadaan brosur memudahkan produsen dalam menawarkan produk atau
jasa kepada konsumen. Brosur harus menarik dan bahasanya mudah dimengerti oleh
pembaca agar masyarakat dengan mudah tertarik dengan apa yang dipromosikan.
Untuk lebih
memahami brosur, Anda bisa membaca artikel ini tentang pengertian brosur,
kegunaannya, serta cara membuatnya.
Definisi: Apa
Itu Brosur?
Brosur adalah
lembaran kertas cetak yang berisi informasi ringkas namun lengkap tentang
produk, perusahaan, atau organisasi. Kata brosur berasal dari kata kerja
Prancis "brocher", yang artinya menjahit. Secara harfiah, brosur
berarti hasil karya yang dijahit.
Brosur adalah
buku kecil atau selembar kertas yang dilipat yang memberikan informasi singkat
mengenai apa yang sedang dipromosikan. Brosur umumnya dilengkapi ilustrasi dan
didesain agar menarik perhatian serta mudah dibaca. Pembuatan brosur biasanya
dicetak dalam 1 lembar. Namun banyak juga yang memberikan tambahan lipatan
brosur sehingga mebentuk 2 hingga 4 lembar.
Brosur merupakan
media pemasaran yang digunakan untuk memperkenalkan produk dan layanan yang
dimiliki, termasuk saat ada kampanye produk. Brosur tersedia dalam berbagai
bentuk dan ukuran, mulai dari satu halaman hingga buklet multi-halaman yang
lebih umum, biasanya terdiri dari gambar disertai teks pendukung.
Brosur
memudahkan produsen dalam menawarkan produk atau jasa kepada konsumen.
Fungsi Brosur
Dikutip dari
buku 'Marketing Communication Through Visual Design' karya Maria Fitriah,
fungsi brosur meliputi:
1. Fungsi informasi
Brosur digunakan
untuk memberi informasi kepada pelanggan mengenai perusahaan. Informasi ini
berkaitan dengan presentasi perusahaan, produk atau layanan baru yang
ditawarkan, atau perubahan nama perusahaan.
2. Fungsi Iklan
Brosur berfungsi
sebagai media iklan atau promosi yang menarik dan memungkinkan untuk
mempromosikan produk atau jasa. Pemilik usaha biasanya mencetak brosur berukuran A4
dengan berbagai jenis lipatan untuk disebar.
3. Fungsi
Identifikasi
Salah satu
pentingnya memiliki brosur adalah sebagai indentifikasi dan pengenalan
perusahaan. Dengan memiliki brosur yang serupa maka produk dan perusahaan kamu
akan mudah dikenali.
4. Alat Informasi
Fungsi brosur
adalah untuk menginformasikan barang atau jasa yang ditawarkan. Konsumen akan
menambah pengetahuannya tentang barang atau jasa tersebut melalui brosur.
5. Alat Promosi
Brosur berfungsi
sebagai media promosi perusahaan berupa penawaran yang dipasarkan di luar
lokasi.
Brosur berfungsi
sebagai alat untuk menampilkan ciri khas melalui gaya presentasi. Di dalam
brosur, dapat menampilkan logo perusahaan dan gambar lainnya. Selain itu, beberapa
pengaturan dalam tipografi dan pewarnaan juga dapat membentuk karakter atau
ciri khas perusahaan.
Karakteristik
Brosur
Secara umum, karakteristik brosur meliputi:
- Memiliki pesan atau kalimat pendek dan huruf besar
- Bertujuan untuk menginformasikan produk kepada masyarakat luas
- Hanya terbit sekali dan desain dibuat semenarik mungkin
- Dibagikan secara terpisah oleh perusahaan
- Umumnya berukuran 90/100 x 800 cm
- Warna yang mencolok atau kontras untuk memudahkan melihat dan membaca
- Diletakkan di perempatan atau jalan yang strategis
Demikianlah
penjelasan mengenai brosur lengkap dengan fungsi dan karakteristiknya. Jika
Anda masih belum paham, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. (MF)
Komentar
Posting Komentar