5 Perbedaan Spanduk dan Banner yang wajib tahu

 


Perbedaan Spanduk dan Banner – Perbedaan antara spanduk dan banner bisa dilihat dari beberapa aspek, seperti bentuk, ukuran, bahan, dan tempat pemasangannya. Pemahaman akan perbedaan ini akan membantu Anda memilih media yang tepat untuk keperluan promosi atau informasi.

Perbedaan Spanduk dan Banner yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan antara spanduk dan banner dapat dilihat dari bentuk dan ukuran mereka. Perbedaan yang cukup mencolok ini membuat Anda mudah membedakan serta menentukan apakah media promosi tersebut berupa spanduk atau banner.

1. Berdasarkan Bentuk

Perbedaan spanduk dan banner yang pertama dapat dilihat dari bentuknya. Perlu diingat bahwa kedua media promosi tersebut memiliki bentuk yang berbeda tergantung pada cara penggunaan dan alat pendukungnya.

Banner biasanya berbentuk vertikal dan menggunakan penyangga atau gantungan sebagai alat pendukungnya. Sementara itu, spanduk cenderung lebih panjang dan jelas terlihat setiap huruf serta proporsi yang digunakan.

2. Berdasarkan Ukuran

Perbedaan spanduk dan banner juga dapat dilihat dari ukuran mereka. Hal ini sangat membantu Anda untuk lebih cepat memahami cara membedakan antara keduanya.

Ukuran spanduk dan banner harus sesuai dengan desain atau konsep yang akan dibuat agar terlihat proporsional. Banner biasanya memiliki ukuran 60 x 120, 60 x 90, 80 x 180, 85 x 200. Sedangkan spanduk memiliki ukuran seperti 5m x 1m, 4,5m x 2m, 4m x 0,8m, 2m x 1,5m.

3. Berdasarkan Jenis Bahan

Perbedaan mencolok antara spanduk dan banner juga dapat dilihat dengan menyentuh jenis bahan masing-masing media, seperti bahan kain, cetak, sablon, plastik sintetis, flexy cina, flexy korea, dan lain-lain.

Untuk banner, bahan yang sering digunakan meliputi luster, PVC banner dari plastik sintetis, dan easy banner. Sementara itu, spanduk menggunakan bahan seperti kain TC, albatros, flexy jerman, flexy korea, dan flexy cina, tergantung kebutuhan.

 

Perbedaan Lokasi Pemasangan

Tempat pemasangan spanduk dan banner juga menjadi perbedaan penting. Spanduk lebih cocok untuk area luar ruangan karena fungsinya sebagai media informasi yang harus mencapai khalayak luas. Sementara itu, banner lebih sesuai untuk area dalam ruangan untuk promosi yang lebih dekat dengan audiens.

Perbedaan Mesin Cetak

Spanduk dan banner menggunakan mesin cetak yang berbeda. Karena spanduk dipasang di luar ruangan, mesin cetak yang digunakan harus tahan terhadap cuaca seperti panas dan hujan. Spanduk dicetak dengan mesin outdoor yang tahan air dan sinar matahari. Sementara itu, banner dicetak dengan mesin indoor yang menghasilkan cetakan halus, tajam, dan detail, namun hanya cocok untuk area dalam ruangan.

Dengan memahami perbedaan antara spanduk dan banner, Anda akan lebih mudah mengenali kedua media tersebut dan menentukan mana yang paling cocok untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengedit Foto Polaroid Dengan Aplikasi dan Situs Web Edit Foto

7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya

0812–8904–2433, Lautan Display, Supplier Stand Banner Banjarmasin