7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya

Ukuran Brosur - Apabila Anda pernah menjumpai brosur yang dilipat, maka Anda tentu mengetahui bahwa terdapat variasi bahan brosur dan ukuran dari brosur tersebut. Brosur dapat dilipat dalam beberapa cara, seperti lipatan 2 atau 3, tetapi ada juga yang tetap tidak dilipat.

Berikut adalah beberapa ukuran brosur yang umum digunakan oleh masyarakat, meskipun penting untuk diingat bahwa ukuran-ukuran ini tidak harus menjadi standar mutlak dalam pembuatan brosur.

7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya

1. Ukuran Brosur A3

Ukuran brosur A3 adalah yang pertama, setara dengan 29,7 x 42 cm. Ukuran ini jarang digunakan, mungkin karena terlalu besar dan lebih sering ditemukan pada poster daripada brosur. Ukuran A3 juga kurang praktis untuk dibawa dan dibaca oleh pelanggan secara langsung.

Brosur dengan ukuran A3 ini biasanya ditempelkan pada tembok atau dinding. Biasanya, brosur A3 dicetak tanpa dilipat atau hanya satu sisi.


2. Ukuran Brosur A4

Selanjutnya adalah ukuran brosur A4, setara dengan 21 x 29,7 cm. Ukuran ini lebih populer dalam pembuatan brosur karena ukurannya yang cukup fleksibel, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Ukuran brosur A4 memiliki beberapa variasi, antara lain:

3. Ukuran Brosur A4 Tanpa Lipat


7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya


Ukuran brosur A4 ini dapat digunakan tanpa perlu dilipat. Anda dapat mencetaknya dengan satu sisi atau dua sisi.

4. Ukuran Brosur A4 Lipat 2 (A5)

Ukuran brosur A4 dapat dilipat menjadi dua bagian, setara dengan ukuran A5. Dengan lipatan ini, brosur akan memiliki 4 halaman, memungkinkan tampilan yang lebih minimalis. Brosur ukuran A4 yang dilipat menjadi 2 memiliki daya tarik tersendiri dan mudah dibaca.

5. Ukuran Brosur A4 Lipat 3 (9,9 x 21 cm)

Ukuran brosur A4 dapat dilipat menjadi tiga bagian. Brosur dengan lipatan seperti ini sangat terkenal di Indonesia, menghasilkan lebih banyak halaman dengan ukuran yang lebih kecil. Brosur yang dilipat seperti ini terlihat menarik dan banyak yang mengaplikasikannya.

6. Ukuran Brosur A5

Ukuran brosur A5, setara dengan 14,85 x 21 cm, sangat populer di dunia percetakan. Dengan ukuran yang minimalis ini, brosur dapat dengan mudah diberikan kepada masyarakat tanpa membuat mereka kerepotan. Ukuran A5 juga dapat dibagi menjadi dua:

  1. Ukuran Brosur A5 Tanpa Lipat. Seperti ukuran A4, brosur A5 dapat digunakan tanpa perlu dilipat. Anda dapat mencetaknya satu sisi atau dua sisi.
  2. Ukuran Brosur A5 Lipat 2 (9,9 x 21 cm). Ukuran brosur A5 juga dapat dilipat menjadi dua bagian, memungkinkan pencetakan bolak-balik. Ukuran A5 lipat 2 dan ukuran A4 lipat 3 sering digunakan dalam percetakan brosur.

7. Ukuran Brosur 1/3 A4


Terakhir, ada ukuran brosur 1/3 dari ukuran A4, berbeda dengan ukuran A4 lipat 3 yang sebelumnya disebutkan. Ukuran ini adalah 21 x 9,9 cm dan tidak memiliki lipatan. Ukuran ini dapat digunakan dengan satu sisi atau dua sisi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengedit Foto Polaroid Dengan Aplikasi dan Situs Web Edit Foto

0812–8904–2433, Lautan Display, Supplier Stand Banner Banjarmasin