Jenis Kertas Stiker Label Berdasarkan Material Pembuatannya

Jenis Kertas Stiker Label


Jenis Kertas Stiker Label -  Sebelum memutuskan untuk mencetak stiker label untuk bisnis Anda, penting untuk memahami berbagai jenis material yang dapat digunakan untuk produksi stiker tersebut. 

Ada setidaknya tiga jenis material stiker label yang umum digunakan dan kami rekomendasikan untuk Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

3 Jenis Kertas Stiker Label

1. Stiker Kertas

Jenis material pertama dari stiker label yang sering digunakan adalah kertas. Biasanya digunakan untuk membuat stiker yang akan ditempatkan di dalam ruangan karena sifatnya yang kurang tahan terhadap air. Stiker kertas rentan terhadap kelembaban yang dapat menyebabkan kabur atau rusaknya desain stiker. 

Beberapa jenis kertas yang umum digunakan termasuk stiker kertas HVS, stiker chromo, dan bontax. Anda dapat memilih sesuai dengan preferensi dan tujuan penggunaan stiker tersebut, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

2. Stiker Vinyl

Selanjutnya, terdapat stiker vinyl yang juga populer. Berbeda dengan stiker kertas yang cenderung luntur jika terkena air dan lebih cocok untuk penggunaan dalam ruangan, stiker vinyl lebih fleksibel karena dapat digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan. 

Oleh karena itu, stiker vinyl sangat direkomendasikan untuk membuat stiker label kemasan atau cetak stiker label parfum.

3. Stiker Plastik

Terakhir, ada stiker plastik yang memiliki keunggulan tersendiri. Salah satu jenis stiker plastik yang banyak digunakan adalah stiker transparan. Stiker transparan ini dapat ditempatkan pada kemasan produk yang memiliki wadah transparan, sehingga isi produk tetap terlihat jelas dan menarik perhatian.

Setiap jenis material stiker di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, penting untuk memahami konsekuensi penggunaan material yang akan Anda pilih sebelum mencetaknya.

Kelebihan dan Kekurangan Setiap Jenis Material Stiker

1. Kelebihan dan Kekurangan Stiker Kertas

Stiker kertas memiliki daya tahan rendah terhadap air, sehingga rentan terhadap luntur dan kerusakan jika terkena kelembaban. Selain itu, daya rekatnya juga kurang kuat dan rentan mengelupas. Meskipun demikian, kelebihan stiker kertas adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis material lainnya. 

Meskipun jarang digunakan untuk label kemasan, stiker kertas cocok sebagai souvenir atau merchandise bagi pelanggan.

2. Kelebihan dan Kekurangan Stiker Vinyl

Stiker vinyl memiliki hasil cetakan yang tajam dan daya rekat yang kuat, sehingga cocok untuk berbagai aplikasi. Selain itu, stiker vinyl juga tahan terhadap kondisi cuaca eksternal dan memiliki umur pakai yang cukup lama. 

Namun, kualitas cetakan stiker vinyl tergantung pada kualitas tinta dan peralatan cetak yang digunakan oleh vendor. Oleh karena itu, penting untuk memilih vendor percetakan yang berkualitas.

3. Kelebihan dan Kekurangan Stiker Plastik

Stiker plastik tahan terhadap percikan air dan cuaca, sehingga cocok untuk digunakan di luar ruangan. Selain itu, stiker plastik transparan tidak mengganggu tampilan produk di dalam kemasan. 

Namun, stiker plastik rentan terhadap embun dan tinta dalam stiker dapat mengalami degradasi jika terpapar dalam jangka waktu yang lama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ide Poster Ramadhan & Ucapan Lebaran untuk Orang Terdekat

7 Jenis Ukuran Brosur dan Tipe Lipatannya

0812–8904–2433, Lautan Display, Supplier Stand Banner Banjarmasin